Dokumen Aplikasi Visa UK Tier 4 (General) Student

Pada tulisan ini saya ingin berbagi mengenai ringkasan daftar dokumen yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi Visa UK Tier 4 (General) Student. Ringkasan ini didasari pengalaman saya dan seorang kawan yang baru saja, sekitar 2 pekan lalu, mengajukan aplikasi untuk visa ini. Kawan saya itu mengajukan duluan, karena dia harus berangkat duluan untuk mengikuti Pre-Sessional English Course untuk memenuhi standar profisiensi Bahasa Inggris yang dipersyaratkan. Sementara saya mengajukan tidak lama setelah dia.

Karena dia mengajukan duluan, saya punya keuntungan untuk bertanya banyak mengenai dokumen yang diperlukan segera setelah dia selesai mengajukan aplikasi, untuk kemudian saya ikuti persis pada saat mengajukan aplikasi saya. Pada hari tulisan ini dibuat, saya mendapat kabar darinya bahwa aplikasi visanya berhasil, alhamdulillah. Dia memang menggunakan layanan Priority Visa Service yang disediakan oleh VFS, sehingga hasilnya bisa lebih cepat. Sementara saya masih harus menunggu 2-3 pekan lagi.

Setelah saya renungkan secara mendalam :-D, sepertinya ringkasan ini lebih cocok untuk calon mahasiswa yang dibiayai oleh sponsor atau beasiswa. Bagi calon mahasiswa yang self-funded, mungkin ada sedikit tambahan berupa dokumen-dokumen yang terkait dengan keuangan, seperti keterangan sumber dana, bank statement, rekening pribadi, rekening orang tua, dan sejenisnya. Saya tidak sertakan di tulisan ini karena memang tidak tahu (dan tidak mencari tahu).

Baiklah, sekian saja sambutannya. Tidak perlu berlama-lama. Berikut dokumen yang diperlukan:

Dokumen Visa UK

Selanjutnya akan saya tafsirkan secara singkat tabel di atas, dimulai dari jenis-jenis dokumen.

Asli: Dokumen asli, sudah jelas.

Copy: Salinan (fotokopi) dokumen asli. Pada dasarnya tidak perlu dilegalisasi oleh issuing authority ataupun notaris. Tapi jika ada yang dilegalisasi, lebih baik.

Terjemah: Terjemahan dokumen asli yang berbahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah (sworn translator). Semua penerjemah tersumpah pada dasarnya bisa, selama memenuhi kriteria dokumen terjemahan dari pemerintah UK. Jika Anda terlalu obsesif-kompulsif, bisa menggunakan penerjemah tersumpah yang masuk list pemerintah UK.

Angka pada tabel menunjukkan jumlah yang diperlukan pada masing-masing jenisnya.

Berikutnya, tafsir dari masing-masing dokumen.

Dokumen CAS: Print out dokumen CAS dari HEI sponsor kita, dalam hal ini adalah universitas tujuan.

Online Form: Print out borang Point-Based System VAF 9 dan Appendix 8 yang kita isi secara online.

Pas Foto: Pas foto terbaru kita. Ketentuan masalah ini merujuk pada petunjuk berikut ini.

Letter of Guarantee/Sponshorship: Surat keterangan resmi dari sponsor beasiswa yang menerangkan bahwa mereka membiayai penuh studi kita.

Transkrip: Sudah jelas. Umumnya, selain versi Bahasa Indonesia, kampus juga mengeluarkan versi Bahasa Inggris-nya. Nah, itu bisa langsung dipake sehingga gak perlu diterjemahkan lagi. Tapi jika tidak ada yang versi Bahasa Inggris, berarti harus diterjemahkan juga.

Ijazah: Sudah jelas. Sama seperti keterangan sebelumnya.

IELTS Test Result Form: Sertifikat hasil tes IELTS kita yang berisi keterangan mengenai skor total dan skor pada setiap aspek yang diujikan.

Tiket Perjalanan: Bukti reservasi tiket perjalanan kita. Jangan pakai tiket yang sudah di-issued dulu, karena siapa tahu ada perubahan rencana perjalanan setelah visa didapat. Bagi awardee LPDP supaya lebih mudah bisa menghubungi travel rekanan LPDP via email dengan alamat: central@centraltravels.com. Jangan lupa kasih tahu kalau Anda awardee LPDP.

Paspor: Sudah jelas. Untuk paspor, fotokopinya semua halaman paspor, dari ujung ke ujung. Fotokopinya diperbesar “fit-to-page” pada kertas A4.

Akta Kelahiran: Sudah jelas.

Kartu Keluarga: Sudah jelas.

Sertifikat Bebas TBC: Diperoleh dari rumah sakit yang ditunjuk pemerintah UK. Perlu booking dulu sebelum tes.

Demikian. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan.

 

Bekasi,

10 Juli 2014

14 comments

  1. Mas, setelah baca ini sy malah jadi tambah galau. Saya mau tanya:
    1. Klo sy pakai beasiswa, apa harus menyertakan KK juga?
    2. Jika akte diterjemahkan di dinas kependudukan apa bisa digunakan?
    3. Utk awardee yg belum pk apa boleh minta booking tiket?
    4. Utk fotokopi paspor itu berarti 1 halaman paspor jd 1 lb A4 atau 2 hlm paspor jd 1 lb A4?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. 1. Iya, harus. memang apa hubungannya beasiswa dengan tidak pake KK. *seriusnanya*
      2. Tidak. Harus penerjemah tersumpah.
      3. Sepertinya boleh, karena travel hanya minta scan paspor sama visa kalo sudah ada.
      4. Dua halaman yang berdampingan jadi 1 lembar a4.

      Sukses mbak, doakan semoga aplikasi saya juga berhasil, thanks.

      1. Kalau menurut guideline, yang pakai KK itu yg self funding dengan rekening orang tua mas.

        Makasih banyak atas jawabannya 🙂

  2. Tanya soal PNS yg pake paspor dinas/biru, apakah perlu exit permit dari kemenlu atau cukup pengantar dari Setneg ya ,,, ini bikin bingung sy sekarang nih mana bulan depan harus dah di sana ,,, mohon info ya ??

  3. salam mas, terimakasih infonya, sangat membantu.. oya, bagi kita yang study ke UK dengan beasiswa, di bagian Visa Sub Type nya kita milih yang Tier 4 (General) Student atau yang Tier 4 (General) (Sponsored) Student? terimakasi sebelumnya 🙂

    1. Salam juga mbak, maaf baru reply, ternyata comment mbak masuk ke spam. Hehe. Pilih yang Tier 4 (General) Student. Sponsored itu buat yang beasiswanya dari pemerintah UK kalo ndak salah. Sukses mbak. Thanks.

    2. Mbak ana sdh sampai UK? Jadi milih sub type visa nya yg general student?
      Sy jg bingung mau pilih yang mana kalo beasiswa dikti.

  4. Mas ridwan. Informasi nya sangat membantu. dan juga. Ingin menyakan mengenai english certificate requirement. Apakah visa tier 4 boleh menggunakan toefl iBT?

    Terimakasih

  5. Salam kenal Mas Ridwan, saya tertarik untuk menanyakan perihal teman anda yang harus mengikuti Pre-Sessional English Course untuk memenuhi standar profisiensi Bahasa Inggris yang dipersyaratkan. Apakah teman anda telah mendapatkan LoA Conditional? Lalu untuk pembiayaan Pre-sessional tsb apakah full dibiayai beasiswa? berapa lama proses pre-sessional tsb? terima kasih, dan selamat ya mas sudah di wisuda!

    1. Salam kenal mas, iya dia sudah dapet LoA Cond. Mengenai biaya, dia pakai biaya sendiri. LPDP (sponsor dia) tidak menanggung. Lamanya 3 bulan, tergantung hasil IELTS nya. Kalo agak rendah, bisa lebih lama lagi. Cheers.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s